Skip to main content

Makanan Sehat Untuk Menurunkan Kolesterol

Hiperkolesterolemia merupakan kondisi dimana kadar kolesterol tinggi didalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan serangan jantung. Mengubah pola makan merupakan bagian penting dari usaha untuk menurunkan kolesterol.

https://cmsapi.vivahealth.co.id/article/image/12315

Apakah makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol?
Kadar kolesterol dapat dengan mudah meningkat dengan konsumsi makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh. Kadar low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat juga dapat dengan mudah meningkat saat konsumsi kedua makanan tersebut. Contoh makanan yang mengandung lemak jenuh:
  • Mentega
  • Margarine
  • Bebek
  • Daging berlemak dan produk daging olahan seperti sosis
  • Keju, susu, krim, dan yogurt yang mengandung tinggi lemak
  • Santan dan minyak sawit
  • Kuning telur
Pada informasi nilai gizi, kadar lemak jenuh dengan kandungan dibawah 0,5 gram boleh untuk tidak ditulis.

Apakah makanan yang aman bagi penderita hiperkolesterolemia?
Sayuran dan buah tidak mengandung kolesterol dan umumnya memiliki kandungan rendah lemak jenuh sehingga harus masuk dalam pola makanan untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, jenis makanan yang diperlukan adalah yang mengandung tinggi serat dan lemak baik atau high density lipoprotein (HDL).
Serat
Asupan minimal yang dibutuhkan tubuh terhadap serat adalah 25 gram untuk dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Serat dapat membantu mengurangi kadar LDL dengan cepat mengeluarkan kolesterol dari saluran pencernaan. Makanan yang merupakan sumber serat adalah kacang polong, biji-bijian, buah-buahan, sayuran.
Polyunsaturated fat
Polyunsaturated fat
disebut dengan lemak sehat yang ditemukan pada makanan seperti ikan salmon, alpukat, biji, kacang-kacangan, dan minya nabati seperti minyak zaitun.
Monounsaturated fat
Monounsaturated fat
memiliki manfaat bagi kesehatan saat dikonsumsi dalam porsi sedang. Sumber makanannya adalah seperti minyak zaitun, kenari, alpukat, kacang.

Makanan terbaik bagi penderita kolesterol
Oatmeal
Oatmeal mengandung serat yang mudah larut sehingga dapat mengurangi kadar LDL. Serat jenis ini dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah. Konsumsi oatmeal sebanyak satu setengah cangkir dapat memberikan asupan serat sebesar 6 gram. Tambahkan buah seperti pisang untuk mendapatkan serat tambahan sebesar 4 gram.
Ikan dan omega 3
Konsumsi ikan yang mengandung omega-3 dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan menurunkan resiko terjadinya pembekuan darah. Omega-3 tidak dapat memperbaiki profil LDL namun dapat direkomendasikan konsumsi minimal dua porsi ikan dalam seminggu. Kadar omega-3 tertinggi ditemukan pada ikan tuna dan salmon. Omega-3 juga dapat dikonsumsi melalui suplemen namun perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk dosis yang dapat dikonsumsi.
Alpukat
Alpukat merupakan sumber nutrisi yang memiliki kandungan monounsaturated fat. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi alpukat setiap hari dapat membantu memperbaiki kadar LDL pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Asupan makan yang sehat akan membuat tubuh menjadi sehat kembali.

Sumber: https://vivahealth.co.id/article/detail/12315/makanan-sehat-untuk-menurunkan-kolesterol

Comments

Popular posts from this blog

Bagaimana Cara Mencegah Bau Mulut?

Bau mulut atau dalam bahasa medis disebut halitosis merupakan kondisi ketika seseorang memiliki aroma yang tidak sedap baik saat berbicara atau pun bernafas. Bau mulut bukanlah penyakit atau kelainan yang berbahaya, namun bau mulut dapat menurunkan rasa percaya diri dan kecemasan. Penggunaan permen penyegar mulut dapat mengatasi bau mulut sementara namun tidak mengatasi penyebab masalah. Umumnya bau mulut disebabkan karena masalah pada gigi dan gusi, kebiasaan hidup yang tidak sehat, atau karena terdapat gangguan kesehatan. Bau mulut dapat diperparah oleh makanan yang dikonsumsi. Terdapat beberapa bau mulut yang khas tergantung oleh penyebab yang mendasari. Sebagian kecil orang mengetahui bahwa memiliki masalah bau mulut namun sebagian besar lagi tidak menyadari hal itu. Apakah penyebab terjadinya bau mulut? Merokok Merokok dapat menyebabkan bau mulut dengan ciri khas sendiri. Perokok dan pengguna tembakau cenderung memiliki masalah atau penyakit pada gusi

Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat Sirsak Untuk Kesehatan: Mengobati Ambeien, Mencret, Hingga Bisul – Sirsak (Annona muricata) berupa tumbuhan yang berbatang utama berukuran kecil dan rendah. Daunnya berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian atas yang halus berwarna hijau tua sedangkan pada bagian bawahnya mempunyai warna lebih muda.   Tumbuhan ini dapat tumbuh di sembarang tempat. Tetapi, paling baik ditanam di daerah yang tanahnya cukup mengandung air. Di Indonesia, sirsak tumbuh dengan baik pada daerah yang mempuyai ketinggian kurang dari 1000 meter di atas permukaan laut. Nama Sirsak itu sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang kurang lebih berarti kantung yang asam. Buag sirsak yang sudah masak lebih berasa asam daripada manis. Pengembangbiakan sirsak yang paling baik adalah melalui pencangkokan karena akan cepat berbuah. Nama daerah dari sirsak diantaranya adalah nangka Gamang, Nangka landa (Jawa), Nangka Walanda, Sirsak (Sunda), Nangka buri

Kenali Cara Pencegahan Batu Empedu

Batu empedu merupakan endapan cairan pencernaan yang mengeras yang bisa terbentuk di kantong empedu. Kandung empedu merupakan organ bentuk seperti buah pear kecil pada sisi kanan perut dan tepat dibawah hati. Kandung empedu menyimpan cairan pencernaan disebut empedu yang akan dilepaskan ke usus kecil dan membantu proses pencernaan. Batu empedu memiliki ukuran sebutir pasir  hingga sebesar bola golf. Jumlah batu empedu yang terbentuk berbeda pada setiap orang. Umumnya batu empedu terbentuk jika terlalu banyak kolesterol di empedu. Apakah penyebab terbentuk batu empedu? Jenis batu empedu yang dapat terbentuk pada kantong empedu adalah: Batu empedu kolesterol. Ini adalah jenis batu empedu yang paling umum. Batu ini berwarna kuning dan terdiri dari kolesterol yang tidak larut, tetapi juga mungkin mengandung komponen lain. Batu empedu kolesterol dapat terbentuk karena kandungan kolesterol terlalu tinggi dibandingkan dengan empedu yang dapat larut. Batu empedu pigm